Mie Ayam Rasa Lebaran

Mie Ayam. Masih dalam suasana lebaran, hari ke 3, udah mulai pengen jajan nih.  Berhubung udah mulai bosan dengan makanan yang ada di rumah.  Sisa makanan yang ada masih bisa di ‘recycle’, jadi simpen aja dulu di kulkas. 

mie-ayam-1

Contohnya, opor ayam nih.  Pas diicip, kuahnya udah mulai sedikit asem tapi ayamnya masih bagus.  Jadi kuahnya terpaksa dibuang dan ayamnya pun disisihkan lalu disimpan di wadah plastik tertutup dan masukkan ke dalam kulkas.

Serba Full Kuota

Ya ampun, warung kaki lima juga resto yang buka pasca lebaran ternyata full.  Padat pengunjung.  Mc Donald antrian drive thru-nya pun wow banget. KFC, antrian di kasir malah nyampe pintu keluar.  Pesen via ojek online?  Aneh banget, responnya pasti: ‘driver kami sedang sibuk’ atau ‘di daerah kami sepi driver’.

Demikian juga resto mie ayam yang pengen kudatangin lagi.  Ternyata full juga.  Akhirnya keesokan harinya aku balik lagi ke resto mie ayam itu dan Alhamdulillah akhirnya kesampean juga deh bisa makan di situ.  Mumpung gak terlalu banyak pengunjungnya.

Mie Ayam Jamur Pak Haji Mahmud

Sebenarnya, ini kali kedua makan mie ayam jamur Pak Haji Mahmud.  Waktu pertama, Emak pesen mie ayam jamur (AJ – demikian sebutannya).  Tapi, Emak agak kurang sreg nih dengan rasa  jamurnya.  Jenis jamur kan macem-macem ya.  Kalo jamur pada mie AJ ini diiris tipis agak memanjang dan berwarna kehitaman. 

Untuk yang kedua kalinya, Emak pun pesen tanpa jamur.  Pada list menu ada mie ayam bakso.  Nah itu yang Emak santap.   Sebelum mie ayam disajikan di meja Emak, udah Emak siapin nih kecap asin dan sambel.  Berhubung kuah mie ayamnya nih meskipun gurih tapi ada manis-manisnya gitu.  Sedangkan Emak lebih suka rasa makanan yang gurih dan rada asin.

Mia Ayam Bakso 

Nah ini nih mie ayam pesenan Emak. Bisa diliat pada foto ya, ada irisan telur dan ayam, sawi, tiga biji bakso dan 2 pangsit goreng.  Kuahnya hangat mengepul, disajikan di mangkok yang terpisah.  Alat makannya, ada sumpit plus sendok khusus untuk makanan berkuah.

mie-ayam-2


Kali ini temen buat makan yaitu es teh tawar berhubung yang Emak makan mengandung banyak karbo jadi untuk minuman tentunya paling nggak yang gak banyak mengandung gula. Kalo air putih kan udah sering, mending teh tawar kan.  Supaya seperti minum ocha hehe.

💢💢💢

So, apa aja nih menu jajanmu pasca lebaran? Tentunya kalo makan di rumah makan, resto atau warung harus hati-hati ya karena seharusnya sih taat dengan prokes yaitu menghindari kerumunan.  Jangan sampe keikut masuk ke tempat makan yang orang-orangnya berjubel. Kan masih dalam kondisi pandemi  Covid-19 nih.

Sampe jumpa di tulisan kuliner Emak berikutnya ya.

 

Post a Comment

49 Comments

  1. Yummyyy, daku juga jajan mie ayam dan bakso, mba
    Pas H+2 Lebaran order sushi dgn kearifan lokal.
    H+3 jalan2 ke mall, lalu makan Rachaa suki and grill ala2 drakor :D

    Pokoke, enjoy lyfeee judulnya alias maem teroooosss :D

    ReplyDelete
  2. Wah bener mbak, soal makan, lebaran itu malah anomali ya..di rumah pastinya buanyaaak makanan, tapi tempat makan di luar pada penuh.
    Kami yg nggak sedia makanan di rumah pun sempat kesulitan pas cari tempat makan. Soalnya kalau terlalu sesak gitu kok ya uda nggak nyaman duluan rasanya.

    ReplyDelete
  3. wah iya sama mbak, pas lebaran saat bosen dengan opor ayam , yg dicari klo nggak mie ayam ya bakso.
    enak soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mie ayam dan bakso itu makanan sejuta umat Indonesia, ya, Mbak 😃. Saya juga langsung berburu bakso dan mie ayam usai lebaran 🤭

      Delete
  4. Lebaran hari kedua aku sudah masak mie ayam di rumah mbak, hehehehee... menghindari untuk begah karena makan ketupat terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan nih, mertua aku juga suka bikin mie ayam apalagi dicampur udang. Ainhy E

      Delete
  5. Kalau aku lagi suka ama sei nih kak. Kalau mie ayam udah keseringan sih soalnya, kalau ke Wonogiri, tempat mertua tuh pasti jajannya mie aya,. Disana gudangnya mie ayam bakso soalnya. Lebaran aja makan mie ayam. hahahaha.

    ReplyDelete
  6. Lebaran kali ini diwarnai dengan kuliner seruuu..
    Kami cari makanan yang sudah buka aja, hehehe..apa aja. Tapi kalau mie ayam, selslu suka siih... Kangen sama Mie Ayam di Jalan Wijaya Kusuma Surabaya.

    ReplyDelete
  7. di hari pertama lebaran, tentu setelah menikmati menu khas lebaran, siangnya langsung deh aku nyari bakso hahaha untung disediain sama ipar

    ReplyDelete
  8. Duh aku kangen banget makan mie ayam mahmud, zaman SMA sampai kuliah langganan banget makan mie ayam disitu

    ReplyDelete
  9. Pasca lebaran makan makanan rumahan lagi. Kalo sisa ayam dari opor, sama .. saya recycle, Mbak. Kuahnya masih bagus sih tapi sudah pada eneg .. sudah 5 hari wkwkwk.

    Jadi, ayamnya saya hancurkan dengan meremas2nya, terus digoreng dengan api kecil ... laku lagi deh :D

    ReplyDelete
  10. Akuu kangen mie ayam deh mba. Mauuu. Btw bener pesen teh tawar supaya kayak ochaa heheuuu. Mupeng mie hayaaamnyaa 😍
    Iyaya aku jg pas mau lebaran malah sempat bosan masakan rmh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum tertuntaskan nih makan mie ayam, pas abangnya lewat eh aku baru abis makan..ah ini jadi wishlist ah nanti pas weekend

      Delete
  11. Jangankan pasca lebaran mbak, pas lebaran aja kami jajan wkkwwk
    Maklum gak bisa mudik dan bener2 gak nyiapin apa buat lebaran, hari pertama langsung makan fast food haha
    Sampai hari ini blm ketemu nastar maupun kastengel #melas
    Kalau mie ayam nyaaam bbrp kali gofud :D
    Ahaha aku tetep es teh manis buat minumnya xixixi

    ReplyDelete
  12. Hari pertama lebaran aku udah cari mmie ayam juga sore-sore mbak hehehe. Sengaja memang menu lebarannay gak banyak-banyak supaya gak bosan, sore cari makanan buat dibungkus makan di rumah

    ReplyDelete
  13. Jajan lebaran ngikutin selera anak-anak aja, Mbak. Pizza, McD, ayam geprek hehehe. Besok pengen jajan mie ayam ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan ternyata sampai hari ini belum juga jajan mie ayam hehehe. Tapi udah jajan bakso. Seger banget emang jajanan seperti bakso dan mie ayam setelah lidah dimanjakan masakan bersantan.

      Delete
  14. Jadi pengen makan ini Mak, hehehe. Udah lama juga gak makan ini. Benaran bikin ngiler baca postingan mu

    ReplyDelete
  15. Jadi penasaran juga deh mba Kepingin ngerasain Mie Ayam Jamur Pak Haji Mahmud kebetulan dirumah tuh penggemar berat mie ayam semua

    ReplyDelete
  16. wah mie ayam memang bikin kangen ya mbak. kalau aku waktu puasa kemarin mbak, karena anak anak udah pada bosen makan nasi, akhirnya aku pesen aja mie ayam ke mbak uchi enak banget

    ReplyDelete
  17. Seperti biasa, jajannya bakso dan martabak, haha
    Soalnya nggak mudik
    Jika mudik pasti jajannya lebih bervariasi

    ReplyDelete
  18. Aku pas lebaran walau udah makan ketupat sama opor tetep yang dicari mie bakso kemarin ahaha, terus kesampaian deh beli di tetangganya saudara yang buka warungnya pas lebaran. Lebaran malah suka kangen jajan ini itu ya mbak.

    ReplyDelete
  19. Mieaayam favoritku banget ini sih mbak, kedua bakso hehehe
    setelahnya baru jajanan lainnya. Kalau bikin sendiri aku belum pernah

    ReplyDelete
  20. Setelah menghabiskan opor dan sambel goreng, menu selanjutnya adalah sup sayur, tempe goreng, dan sambel kesukaan bocil. .hihi...

    ReplyDelete
  21. Mie ayam nih, ya, makanan sejuta umat. Selepas Lebaran, makanan yang aku cari juga mie ayam. Apalagi di dekat rumahku, ada mie ayam dengan bumbu hampir mirip dengan kari gitu. Enaakkk ... 😃

    ReplyDelete
  22. Sama nih..habis lebaran pengennya jajan mie ..Tapi aku pilih mie pangsit atau cwi mie Malang tuh yang endess haha... Met lebaran ya maaf lahir batin..

    ReplyDelete
  23. Mie ayam jadi salah satu makanan yang aku incar di lebaran ke 3. Blenek makan santan muluk. Mie ayam dan bakso. Hhmmmm

    ReplyDelete
  24. Lebaran hari kedua kayaknya aku yang jajan deh, dan sama banget nih menunya aku pun beli mie ayam favoritku di SCBD Jakarta. Tapi emang di rumah juga gak banyak-banyak masaknya.

    ReplyDelete
  25. Aah Mie Ayam kesukaankuuu, sampe sekarang belom nemuu niih.
    Pasca lebaran justru makan jadi agak malass2an masih seneng ngemil kue2 yang ada di rumaaah.

    ReplyDelete
  26. Bakso kuah dan mie ayam bakso biasanya paling banyak diburu di hari2 lebaran ya. Karena sudah lelah gini ini menyantap daging rendang selama seminggu, jadilah bakso menjadi incaran utama hahahah :) Jangan lupa sambal ulegnya yang buanyaaaak :D

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah Mb makan mie ayam nih cuma modal 10 ribu Alhamdulillah kenyang juga yah, hehehe

    ReplyDelete
  28. Emang abis lebaran udah males makan yang santan2 gitu yah mbaak, pengennya mie ayam atau bihun bakso kalo aku sih hahaha

    ReplyDelete
  29. Mie ayam ini salah satu makanan favorit saya Mba. Saya belum cobain mie ayam jamur, pasti enak rasanya. Jadi pengen beli deh.

    ReplyDelete
  30. Mie Ayam jamur....ah jadi pengen nyoba kreasi ini. Postingan mak satu ini bikin ngences aja sih haha....
    Btw, kuliner lokal itu memang tak ada duanya ya mak! Tetap yang ternikmat, terlezat dan selalu dirindukan pokoknya.

    ReplyDelete
  31. Lezat banget yaaa abis lebaran makanannya mi ayam atau bakso seger pisan setelah menghadapi serangan opor ayam yang memabukkan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan nih, aku malah sehari setelah lebaran udah mau cari makanan aja di luar
      mie ayam bakso ini favorit ku juga mak
      hampir tiap minggu bisa makannya haha

      Delete
  32. HUaaaa si Emak!
    Aku juga kalo warung mie ayam repot beud. Suami wajib makan pake kerupuk mie jadi beli itu dulu 2 biji, sedia saos sendiri karena kalo pake saos di meja suka kurang gimana gitu!

    Terakhir bawa tisu basah, daaaan... bawa tempat minum (karena teh panas pahit di warung mie ayam langganan aku tu enak enak rasanya)

    ReplyDelete
  33. samaan nih, aku malah sehari setelah lebaran udah mau cari makanan aja di luar
    mie ayam bakso ini favorit ku juga mak
    hampir tiap minggu bisa makannya hahaha

    ReplyDelete
  34. Aku delivery mulai dari pecel, rujak cingur, gado-gado mulai dari hari kedua-ketiga-keempat. Sama selang-seling bikin mie instan. Eneg banget makan opr-opran hahaha

    ReplyDelete
  35. wah baru kali ini lihat mie ayam dilengkapi irisan seperempat telur rebus.

    Jajanan lebaranku mie instan aja hehehe.... pedagang bakso dan mie ayam sekitar rumah rame semua, ya udah masak mie instan aja di rumah

    ReplyDelete
  36. mie ayam dan bakso ini my comfort food, mba
    daku pasti dah jajan mie-ayam dan bakso, kapanpun di manapun :D

    ReplyDelete
  37. mie ayam memang pilihan terbaik saat bosan dengan makanan lebaran ya mbak
    bosan makan nasi dan lontong, ya makan mie aja

    ReplyDelete
  38. Mie ayam memang yummy banget deh apalagi dimakan pas hujan hujan. ANget kan jadinya

    ReplyDelete
  39. Hujan2 gini aku jd bayangin mie ayam hehe
    Ini tuh makanan yang emang kyknya dah umum di Indonesia ya meski tiap daerah keknya ada yang beda gtu mie ayamnya :D

    ReplyDelete
  40. Masya Allah kebayang lezatnya itu mie ayam. Jadi malam-malam ngidma mie ayam nih.

    ReplyDelete
  41. aku lagi seneng mie telur malah daripada mie ayam
    tapi emang enak mie ayam makan siang-siang pakai cabe ama kecap
    uuh sedappp
    besok beli ah mie ayam

    ReplyDelete
  42. Rasanya uda berapa purnama aku gak makan yang namanya mie ayam.
    Huhu....super mupenk~
    Dulu saat SMA, ada mie ayam yang enak banget di depan sekolahku.
    Mantaap~

    ReplyDelete
  43. Ini salah satu kuliner yang saya gemari karena pada dasarnya saya suka banget sama mie apalagi olahan mie kuning. Mie ayam di Jogja ada banyak yang pengen saya coba dan perlu disempetin buat mampir ke semua yang ada di list saya :))

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.