Kopi Krimer Sachet Mania

Kopi Krimer Sachet.  Ada yang hobi ngopi? Bahkan sampe addict. Pokoknya tiada hari tanpa ngopi.  Pasti ada deh. Termasuk Emak nih. Tapi Emak bukan kubu kopi item sih.  Demennya ama kopi krimer sachetan.

kopi-krimer-1

Baidewei, Kopi Krimer Sachet Itu yang Gimana Sih?

Jadi, kopi ini biasanya kopi bubuk yang udah dicampur krimer bubuk dan gula pasir kemudian dikemas dalam sachet kecil. Kalo pada sachetnya ada juga sih tertulis dengan campuran bahan susu, bukan krimer. 

Harganya bervariasi. Kopi sachet sebenarnya lumayan murah, biasanya sekitar Rp. 1000 s/d Rp.2000 per sachet untuk produk lokal.  Kalo udah hobi ngopi, pastinya beli yang edisi pak. 1 pak biasanya berisi minimal 5 sachet dan bahkan ada yang ampe 100 sachet.  Emak biasanya sih beli yang isinya 10 sachet/pak. 

Kalo produk impor (Made in Malaysia) harganya sekitar Rp.7000/sachet dan satu sachet bahkan bisa diminum sampe 2 kali. Sayangnya untuk beli ecer ya tergantung tokonya nih karena biasanya dijual per pak.  Waktu itu sempat beli ecer karena tokonya memang ngejual yang eceran.  Kopi krimer (white coffee) yang sempat diicip merk Old Town & Ah Huat.

Kopi Krimer Sehat?

Apakah sehat mengonsumsi kopi krimer tiap hari? Hm, jujur Emak nggak tau hehehe.  Tapi hidup ini berasa nggak lengkap kalo nggak nyeruput larutan coklat muda yang rasanya rada-rada pahit ini. Jadi kalo ada yang namanya kopi krimer tapi rasanya muaaanniiiss beud, dah deh siap-siap tereliminasi dari daftar favorit kopi krimernya Emak.

kopi-krimer-2


 Tiga Bahan Pokok pada Kopi Krimer Sachet

Bahan pokok dari kopi krimer tentunya adalah  kopi hitam bubuk & krimer bubuk plus gula pasir.  Kandungannya apa nih dari gabungan 3 bahan yang kalo udah diseduh dengan air panas jadi nikmat banget.

Kopi 

Kopi dibuat dari biji tanaman kopi yang disangrai dan dihaluskan hingga berbentuk bubuk.  Tanaman kopi yang bijinya diolah menjadi minuman ini biasanya dari  Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).  

Menurut sejaran, kopi berasal dari Afrika Timur (1000 SM). Kemajuan dalam teknik penyajian begitu biji kopi sudah menyeberangi Laut Merah dan sampai ke Arab bahkan Ibnu Sina meneliti unsur-unsur yang terkandung pada kopi (1000 M).  Di Mekah & Madinah, penyebaran kopi & kedai kopi pun berkembang pesat (1400 M).  Wikipedia sendiri menyebutkan kopi berasal dari Yaman.

Kopi per 100 gram mengandung Natrium 2 mg, Kalium 49 mg, Protein 0,1 g, Kafein 40 mg, Kalsium 2 mg & Magnesium 3 mg.

Kafein adalah zat yang dominan pada kopi.  Efek dari kafein ini menyebabkan detak jantung meningkat dan tubuh pun berenergi.  Buang air besar pun menjadi lancar.  Selain itu, bahkan kopi membuat mood menjadi lebih baik.  

Krimer

Untuk krimer bubuk, fatsecret.id menyebutkan dalam 1 sendok teh mengandung lemak  0,71 g, karbohidrat 1,10 g, protein 0,10 g, kalori 11.  Kalo pada kopi krimer sachetan krimernya sudah berbentuk bubuk ya.  

Beda dengan kalo kita bikin kopi krimer sendiri yang krimernya bisa saja dalam bentuk cair, kental manis atau bubuk.  Bahan pembuatnya pun bisa berbeda nih, karena ada yang dari nabati (diolah dari kelapa) dan ada yang diolah dari susu (pada prosesnya diambil lemak susu saja).  

Nah, krimer sendiri biasanya disebut non dairy, artinya produk pengganti susu atau krim yang merupakan produk emulsi lemak dalam air. Dibuat dari minyak nabati yang dihidrogenasi dengan penambahan bahan tambahan pangan yang diizinkan.

Gula Pasir 

Gula pasir tentunya sebagai penambah rasa manis.  Kandungan nutrisi pada gula pasir jelas dominan karbohidrat yaitu 99,98 g dalam 100 g gula pasir.  Kalori yaitu 387 (dalam 100 g gula pasir).  Jadi bisa diliat pada kemasan ya, berapa gram gula pasir yang terkandung pada kopi krimer sachet, karena kalo yang favorit Emak tuh yang nggak manis-manis banget. 

Kopi Krimer Favorit Emak

Udah kepo ya apa aja kopi krimer sachet favorit Emak? Eng ing eng jeng jeng jeng!

  • Coffee Mix
  • Pikopi (Original & Moccacino)
  • Caffino (Kopi Latte Klasik-sachet coklat)
  • Caffino (Bold - sachet hitam)
  • Lokalate (varian Alpukat)
  • Good Day (varian Original)

Emak suka semuanya nih. Bisa disajikan hangat ataupun dicampur dengan es. 

Ok, sekian dulu ya tulisan dari Emak. Wassalam.

Post a Comment

66 Comments

  1. Halo Mbak Mia.

    Kunjungan pertama nih ke blognya.

    Aku sendiri sih kalau kopi suka yang disesuaikan mood aja. Sebenarnya aku lebih suka yang ada sedikit rasa manisnya, tapiiii sayangnya sama adikku tuh suka dihina gitu, "Mbak.. Mbak.. kopi itu enaknya kalau tanpa gula."

    Lha kan terserah aku ya, sukanya yang rasa apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo jugaa. Sama doong, aku suka ngopi yang kopinya nggak terlalu manis.

      Delete
    2. anu.. itu Mbak Mia, aku suka yang agak manis, kebalikan dari adikku. Hehe. Berarti nih Mbak Mia sama dengan adikku, Mbak.

      Delete
    3. oalah.. hehe, salah paham saya

      Delete
  2. Mba Miaaaa, dikau menebar racuun siang2 wkwkwkw
    auto bikin kopi krimer aahh
    beli sachet aja yg murah meriaaahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ntar malam mau bikin kopi ahh
      segeerrrr

      Delete
  3. nama kopinya bikin aku mau teriak gini, kopi krimer sachet mania.. heheh, sebagai pecinta kopi, plain atau dengan susu, rasanya aku terpanggil untuk nyobain deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh lupa nanya mbak ini udah bisa dibeli dimana aja? eh maksudnya udah tersedia di super market dan mini market di Indonesia ya

      Delete
    2. Hehe ya iya dong udah ada di mini market & supermarket di Indonesia. Tapi nih ya kadang ada beberapa merk yang adanya di minimarket tertentu. Contoh kaya Lokalate, saya dapetnya bukan di minimarket waralaba. Trus Good Day, saya kan suka yang original, nah gak semua minimarket ada varian itu. Malah ada di minimarket yang bukan waralaba. Jadi serasa berpetualang nyari kopi krimer sachet haha.

      Delete
  4. Pas be;anja bulanan kemarin aku coba beli Pikopi Moccacino. Masih belum diicip sih, ada di lemari dapur hahah. Kalau Coffee Mix pernah, Good Day juga. Caffino dan Lokalate belum. Mantap ini, aku suka kopi yang ada krimernya. Ditemenin camilan makin nikmat nih. Buat buka puasa agak maleman tapi ya hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, pasti seger dinikmati kelar taraweh. Jadi bisa lanjut ngeblog deh.

      Delete
    2. Anak2ku demen mimi Good Day, apalagi dingin2 gitu. Merk kopi sachet yang satu ini banyak variannya sih dan ga terlalu kopi banget jadi mereka suka. Ngopi saat sahur kira2 gimana mbak buat kesehatan? Belum pernah sih selama ini.

      Delete
  5. varian kopi instan sekarang memang makin beragam yaaa mba. Aku suka liat saat belanja mingguan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Beragam banget. Kalo ada yang harganya rada mahal aku beli untuk sekedar nyoba.

      Delete
  6. Meski aku penikmat kopi tubruk..tetep sedia kopi krimer sasetan yang praktis.. Cocok kalo pas lagi ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saya ma saya. Tetap sedia yang instan di rumah. Biasanya kalau lagi gak pengen ribet

      Delete
  7. Aku good day sih.. karena suka menikmati kopi dalam keadaan dingin nah good day ini enak banget kalo dikonsumsi dingin alias dengan tambahan es batu.. maknyus hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun juga suka good day, minuman dari jaman smp yaaa. Kopinya ringan, varian rasanya banyak.. hihi

      Delete
  8. Mak samaan deh suka kopi krimer. Dari merek yg disebutin itu, paling suka Pikopi dan Good Day. Untung gampang belinya di warung tetangga.

    ReplyDelete
  9. Caffino yang bold termasuk favorit untuk kopi krimer sachet. Rasanya pas, gak kemanisan. Tetapi, kebanyakan kopi krimer memang kayak berlebihan gulanya.

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat temanku penulis, satu sachet kopi bisa ditambah krimer berapa sachet hihi fanatik banget sama krimer..

    ReplyDelete
  11. Akhir akhir ini aku jarang minum kopi sachet mbak, karena di rumah yg bikin kopi suami, aku tinggal minum, hehe..
    tapi klo buat sendiri aku juga lebih milih buat kopi krimer sachet mbak, biar nggak ribet

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk yang hampir jarang banget minum kopi karena walaupun pakai krim aku tetap nggak bisa minum kopi ya karena emang aku minumnya air putih sih belum pernah cobain yang lain-lain

    ReplyDelete
  13. Kalau saya lebih suka kopi item, Mak. Hari-hari minumnya kopi item dengan sedikit gula. Sesekali aja sih minum kopi krimer, yang paling saya suka Torabika Cappuccino.

    ReplyDelete
  14. Caffio aku udah nyobain semua rasa, pas ada promo hehehe,. Tertarik sama Lokalate varian alpukat beli ah nyobain.

    ReplyDelete
  15. Aku juga suka sama kopi yang ada krimernya mbak, tapi aku suka takbikin dingin gtu biasanya kutambahin es batu.
    Aku paling suka Good Day yang coklat itu kemasannya.
    Paling enak buat nemenin ngemil sambil nonton drama.

    ReplyDelete
  16. Aku suka good day mba. Bkn cm yg ori tp biasanha gonta ganti. Hihi. Krn hidup perlu banyak rasaaa. Tp aku tmsk yg jarang jg minum kopi. Paling cm suami yg minum

    ReplyDelete
  17. Saya juga lebih suka minum kopi krimer sachet dibanding kopi hitam. Favoritnya goodday

    ReplyDelete
  18. Aku gak tiap hari ngopi krimer, tapi pernah minum karena pengen. Kayak Cafino itu pernah nyoba yang rasa latte clasic. Kalo white cofee itu kopi krimer juga ya, ini yang selalu ada di lemari dapur karena serumah suka

    ReplyDelete
  19. Aku juga suka banget kopi sachetaaaaannnn. Harganya murce terus bisa bikin sendiri dirumah yaaa.. hihi. Btw, si lokalate alpukat enaaaakkkk, rasanya beda dari kopi sachetan lainnya. Hihi

    ReplyDelete
  20. Aku sukaa..
    Kopi dikasih creamer pula...

    Rasanya semakin mantap.
    **aku penyuka manis, kak... Jadi asa ada yang kurang kalau gak pakai creamer.

    ReplyDelete
  21. Suamiku suka mana aja sebenarnya kalau kopi, tapi sesekali memang yg krimer gini jadi lezat rasa kopinya.

    Kalau aku deg2an makk minuum kopi, jadi cukup melihat suami minum aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good Day ini juga kopi krimer yang aku kenal pertama kali sebelum nyobain kopi krimer lainnya. Tapi entah kenapa baliknya tu pasti ke good Day lagi walau udah nyoba yg lain. Udah cocok di lidah sih.

      Delete
    2. eh iya baru liat kopi suamiku ternyata emang yang model ga pake krimer semya hampir ga pernah kayaknya
      cuma pengen nyediain yang krimer ah sekali2 biar ada rasa baru kopinya

      Delete
  22. Aku tim Good Day mba dulu lagi zamannya mahasiswa Good Day menemani selama ujian karena aku anaknya SKS wkwk ngafalin semalaman :p

    ReplyDelete
  23. Hhahaaaa kopi krimer sachet mania hadiier.
    kalo dah kepepet aku suka Coffee Mix dan selalu tersedia di tasku yang sasetan hahhaaa.
    Biar makin seterong kalo lagi galow dan lagi kopi item abiiss.

    ReplyDelete
  24. coffee mix tetap nomer satuu... skr sama good day juga sih. kadang yang capucino pake choco granule itu... slurpp enak!

    ReplyDelete
  25. Kopi krimer itu enak diminum kalau pas hari dingin atau pengen yang manis-manis tapi kalau terlalu manis juga saya kurang suka. Sebagai pecinta kopi yang bold kayanya pengen nyoba Caffino Bold nih.

    ReplyDelete
  26. Aku juga coffe adicct mbaaa... Bedanya aku suka baik itu kopi hitam maupun kopi instant ^_^. Mungkin krn aku dr daerah penghasil kopi, jd dr kecil pun uda biasa ngopi hihihi

    Dr list kopi instan di tulisan mb mia, aku blum pernah coba lokalate. Aku jg sukanya yg rada pahit2 gitu sih.

    ReplyDelete
  27. Aku ngopi kalau seahri enggak bisa berasa ada yang kurang.
    Tapi kopi racik sendiri..jadi punya kopi, krim dan gula (aren)..racik deh. Kalau aku dah jarang kopi item, suamiku yang harus, aku kopi gula aren aja

    ReplyDelete
  28. Aku pernah icip yang Good Day gara2 anak sulungku minum itu. Enak juga haha. Kalo suamiku sukanya kopi hitam tanpa gula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya kopi krimer Good Day juga aku suka tapi lupa yang rasa apa. Anakku yang suka kopi tuh yang bungsu

      Delete
  29. Aku juga suka kopi ini mak biar mata melek tapi nggak terlalu efek ya. Cuma buat nyegerin ajaaaa..kalau kupi item aku jarang banget nih.
    Kopi sachet aku nggak masalah praktis 😍

    ReplyDelete
  30. Waah, pecinta kopi pasti akan berpetualangan tentang rasa kopi, salah satunya kopi krimer gini.

    Saya jarang ngopi, tapi kalau terpaksa banget memang sukanya yang krimer, mau bikin sendiri atau beli sachetan. Kopi krimer itu gurih gak pahit aja. Hehehe

    ReplyDelete
  31. Aku suka banget kopi krimer apa lagi kalau sehat begini. Cobain, ah..

    ReplyDelete
  32. Aku suka banget dengan kopi berkrimer ini. Tapi gak tahu kenapa, maagku malah gampang kambuh. Suka jadi mual juga. Jadinya aku sekarang banyaknya ngopi kopi hitam aja. Mungkin perutku sensitif ya :D

    ReplyDelete
  33. Sekarang varian kopi sachet nambah banyak ya.
    Waktu sekolah dulu suka banget nescafe ice. Sayang varian ini sekarang udah ngga ada, padahal enak.
    Sekarang suka good day sama Torabika yang ada choco granulenya.
    Jarang ngopi, biasanya pas kudu ngelembur ngerjain artikel blog. Hihi

    ReplyDelete
  34. Dulu aku gemar minum susus sachet, beranjak usia makin menua aku mulai membatasi dan tentunya pasti bikin seger ya mbk

    ReplyDelete
  35. Katanya kopi malah menyehatkan loh Mak namun maksimal 2 gelas per hari dan itu pun tanpa gula atau krimer berlebih.

    ReplyDelete
  36. Simple, tinggal buka kasih air panas udah jadi deh. Gak pake kepahitan atau kemanisan :D. Cuma sayangnya saya bukan penggemar kopi hihih.. sekian Emak :D

    ReplyDelete
  37. aku lagi suka kopi krimer yg merek kapal api.
    takarannya pas buatku
    tapi sekarang lagi ga berani ngopi, soale masih bulan Ramadan

    ReplyDelete
  38. Minum kopi membuat kesegaran dan inspirasi jadi lancar

    ReplyDelete
  39. Aku pribadi tim kopi hitam tanpa gula 🤭 Sesekali bolehlah icip icip kopi krimer. Barang kalau ada yang enak dan cocok di lidahku. Tapi yang jelas, aku nggak begitu suka yang manis 😁

    ReplyDelete
  40. Aku ga suka kopi hitam, paling aku kalau kepingin kopi susu buat nyegerin mata biar ga ngantuk, apalagi kalau kejar dateline suka ditemani kopi susu panas mantap ...

    ReplyDelete
  41. Aku kalau mau minum kopi dingin, baru kopi krimer ini, mba.
    Tapi kalau mau menikmati rasa kopi, nyeduh kopi tanpa gula sih.
    Dua-duanya suka, krn sy sempat yg addict kopi dulunya.

    ReplyDelete
  42. Aku termasuk penggemar kopi.
    Dari aromanya aja terasa menanangkan. Tapi untuk konsumsi lebih sering yang sachet karena gapamg di temukan. Enak di menyesap di kala pagi hari

    ReplyDelete
  43. dari semua merk yang disebut, saya baru nyobain Good Day

    saya suka karena banyak variannya.

    Jadi bisa ganti-ganti rasa, mau coklat atau rasa kopi yang lebih pahit

    kalo nggak salah ada 4 varian ya?

    ReplyDelete
  44. Aku termasuk penggemar kopi.
     Dari aromanya aja terasa menanangkan. Tapi untuk konsumsi lebih sering yang sachet karena gapamg di temukan. Enak di menyesap di kala pagi hari

    ReplyDelete
  45. saya bukan penikmat kopi, Mba, tapi sesekali juga suka minum kopi sachet. Yang biasanya saya minum itu coffee mix

    ReplyDelete
  46. Kopi Krimer ini buanyak banget ragamnya ya. Mulai dari dalam bentuk sachet buat konsumsi rumahan dan warkop kecil, juga ada yang diolah manual atau pakai mesin khusus di cafe dengan skala besar.

    Tapi saya lebih menyukai black coffee yang original dengan gula minim. Karena sedari kecil dibiasakan minum dan mengenal kopi seperti itu. Dan alm. Ayah sayapun lahir dan besar dengan lingkungan kebun kopi.

    Saya jarang sekali minum kopi krimer karena kandungan gulanya ya yahud. Untuk seumuran saya harus lebih hati-hati karena bisa mempengaruhi keseimbangan gula darah.

    ReplyDelete
  47. Saya pencinta kopi banget, Mba. Dulu saya suka yang krimer sachetan, tapi sejak ikut program diet rasa krimer sachetan ga pernah kesentuh, kecuali kalau lagi bertandang ke rumah orang dan disuguhkan ini ya mau ga mau. Saya lebih suka krimer yang dibuat langsung di coffee shop. Btw, saya baru tau kalau ada produk kopi pikopi.. xixixi.. coba nanti searching ah.

    ReplyDelete
  48. Daku juga suka dengan kopi krimer, Mak, karena menurut daku tidak berat untuk dikonsumsi dan rasanya juga nikmat

    ReplyDelete
  49. aku orang yang suka kopi tapi ga sampe kecanduan. soalnya ga bisa kalau minum kopi hitam aja. seperti yg dibilang diatas, jantung aku berdetak kencang setelah minum kopi. dan aku suka kopi gooday atau indocaffe.

    ReplyDelete
  50. Aku penggemar kopi hitam 😀. Kalo kopi sachet macam-macam rasa cuma buat kondisi darurat pengen ngopi secara cepat.

    ReplyDelete
  51. Kalau kopi sachet krimer favoritku adalah indocafe mba ahahha kayaknya itu udah melegenda sekali ya. Sekarang mah praktis tinggal seduh aja kalau mau ngopi2 cantik ya kan hehe. Tapi kudu ingat juga ga boleh banyak2

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.