Sunday, September 6, 2020

Siap-Siap dapet Surprise di Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional


Emak baru tau nih kalo ternyata ada Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Nah tema Kolaborasi September Ceria kali ini ternyata tentang hal tersebut.  Termasuk kudet Emak nih, kalo merasa surprise nerima pelayanan yang oke selama bulan ini tapi nggak tau ada apa di balik itu.  Oke, ini menjadi PR bagi Emak nih untuk rajin membaca biar wawasannya tambah luas.  Contohnya dengan baca-baca info yang seliweran di media sosial selama masa Harpelnas.

Behind Harpelnas

Hari Pelanggan Nasional


Jadi Gaes, kita sebagai penduduk Indonesia kan biasanya menjadi konsumen dari produk baik barang ataupun jasa.  Betul nggak? Ya kan.  Nah, ada yang stay lanjut terus membeli produk yang sama tapi ada juga yang nggak puas atau bisa jadi merasa bosan kemudian berpindah ke merek lain dari produk sejenis,

Jadi perusahan-perusahaan yang ada di Indonesia tentu selalu memantau pasar dong, terkait produk barang dan jasa yang mereka produksi juga pelayanan yang diberikan kira-kira gimana di mata konsumen.  Apakah mereka akhirnya menjadi pelanggan atau malah ke lain hati? Eaaa... (ntar Emak jelasin deh beda pelanggan & konsumen).

Seorang Handi Irawan D. ( CEO & founder dari Frontier Group - perusahaan di bidang pemasaran & riset pemasaran ) adalah nama dibalik Harpelnas ini.  Menurut dia, perusahaan-perusahaan seharusnye memberikan apresiasi terhadap pelanggan mereka yaitu dengan  memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan mereka. Presiden Megawati Soekarno Putri pun meresmikan Harpelnas pada tanggal 4 September 2003 (wah.. tepat sebulan sebelum aku nikah berarti ya hehe).

Ok, Emak menanti nih apresiasinya karena Emak adalah pelanggan dari salah satu operator telekomunikasi seluler, juga bank swasta syariah, dan setia pada produk roti tawar, bumbu sachetan, plus kopi instan merk tertentu.  O iya, udah jelas nih Emak  juga sebagai pelanggan air bersih & listrik.

Beda Konsumen dan Pelanggan

Nah, iya, apa tuh bedanya.  Kalo Emak memahaminya sih, yang namanya konsumen artinya orang yang membeli & mengonsumsi produk. Kalo pelanggan, dia adalah konsumen yang selalu repurchase produk yang sama, dan gak mau (atau terpaksa nggak bisa) ke lain hati. Gitu.

Kok bisa terpaksa? Ya karena nggak ada pilihan lain. Kecuali 'do it yourself' (DIY).  Contoh: air ledeng (air bersih), kalo kita berhenti menjadi pelanggan perusahaan air tersebut, artinya kita mengonsumsi air dari sumber yang lain dong, entah dari sungai, mata air pegunungan, atau membuat sendiri air sulingan.

Singkat cerita, Pelanggan udah pasti Konsumen.  Kalo Konsumen belum tentu Pelanggan dari berbagai produk yang ada, Jadi dia nggak repurchase, tapi selalu beralih menggunakan produk dari produsen yang berbeda.

Jadi, beneran nih Emak serius menunggu apresiasi dari perusahaan-perusahaan yang produknya selalu Emak repurchase. Apalagi tema repurchasenya adalah terpaksa, alias nggak bisa ke lain hati.  Berat. Dilan aja nggak sanggup kayaknya (apa siiih Maaak).

Yuk Kepoin Apresiasi di Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional

Harpelnas kali ini bertema Inovasi Pelayanan Pelanggan di Era New Normal.
Jadi Emak pun ceki ke situsnya Frontier nih.  Ternyata, diinfokan tuh berbagai apresiasi yang diberikan oleh berbagai perusahaan yang ada di Indonesia. Nih, Emak sebutin ya:

  • PLN memberikan layanan gratis bagi pelanggan yang ingin mengganti nama kepemilikan pada meteran.
  • Astra Credit Companies bagi-bagi sepeda Brompton dan 1 kg emas untuk pelanggan yang ikutan program undian.
  • SPBU Pertamina memberikan cashback 30% pada pelanggan yang membeli Pertamax.
Selain itu, kalo dari sumber berita yang lain Emak dapetin info:
  • McD  menghadirkan varian menu Big Mac Mc Flavor Set.
  • AHASS memberikan diskon untuk servis di Jakarta & Tangerang
  • PLN memberi diskon 75% untuk tambah daya bagi UMKM
  • KFC ngasih promo makan murah bagi yang beli 9 potong ayam mulai harga Rp. 95.455.
Tuh, kalo ada yang lain silakan tambahih ya di kolom komentar hehe.

xxx
Sampai jumpa di tulisan Emak berikutnya 💚💚💚💚💚

31 comments

  1. Iyes, jadi dingatkan pengertiannya, pelanggan sudah pasti Konsumen, tapi konsumen belum tentu pelanggan. Tahun ini enggak berasa Hari Pelanggan Nasional efek pandemi hiks. Tahun lalu, banyak diskon dan keistimewaan dari berbagai produk dan jasa.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya tahun ini promo HarPelNas nya kurang banyaaaaakkkk *NetizenBanyakMaunya :D

    Apa mungkin gegara pandemi kali yaaa. Jadinya banyak penghematan di tiap korporasi

    ReplyDelete
  3. Aku pernah menikmati kemeriahan harpelnas pas kebetulan sedang visit ke CS telkomsel. Para pegawai pakai baju daerah, ada bagi2 makanan ke pelanggan yang sedang datang. Tapi itu bertahun-tahun lalu udah lama sekali. Sekarang malah ga pernah ngeh ada harpel lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aja baru tau lho mba kalo ada harpelnas tapi rasanya juga belum pernah merasakan gimana surprisenya

      Delete
  4. Keren ya ada hari pelanggan, senang deh jadi pelanggan begitu di hargai apalagi klo disapa ramah.

    ReplyDelete
  5. Seru ya Harpelnas ini. Saatnya memanjakan konsumen dengan berbagai kemudahan dan banjir hadiah

    ReplyDelete
  6. nyari PAM kok ga ada hehehe .... padahal kepaksa tuh langganan walau airnya keruh dan alirannya crit ...crit...

    Emang harus ada kolaborasi ya? Pelanggan sebagai pengguna barang/jasa, distributor (PLN/PAM) dan perusahaan pemroduksi

    ReplyDelete
  7. Biasanya saya rajin ke bank, biar dpt suprised, tp th ini enggak, maai takut pandemi nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet surprise senyum manis + pelayanann ramah biasanya

      Delete
  8. Yah telat bacanya, tanggal 4 kemarin padahal mayan harpelnas ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak telat kok,biasanya masih ada surprisenya

      Delete
  9. Aku pernah denger soal hari pelanggan Nasional, tapi belum pernah merasakan privalage nya :D
    Lebih tepatnya sering kelewatan info promo yang berlakunya
    Bagus y..jadi selain ada harbilnas ada Harpelnas juga

    ReplyDelete
  10. Tahun kapan tuh pernah dapat goodie bag atau apa yaa, dalam rangka Hari Pelanggan Nasional. Kalau tahun ini, kayaknya belum ada dapat apa-apa deh. Atau mungkin sayanya aja yang gak cari info~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beruntung sekali. Aku perasaan belum pernah dapet deh

      Delete
  11. pernah denger sih hari pelanggan nasional, tapi dimana ya ... jadi selain ada harbilnas ada juga harpelnas ya, mesti diingat nih

    ReplyDelete
  12. Sama, saya juga baru ngeh sama hari pelanggan nasional, wkwkwk.

    Saya jenis konsumen yang tidak gampang ke lain hati sehingga selalu naik level menjadi pelanggan *ngaku-ngaku sendiri*.

    Sayangnya saya jarang dapat feedback atas kesetiaan saya, *apa coba*.

    Dan setelah membaca tulisan ini, saya baru nyadar kalau ternyata saya yang selama ini kudet terhadap promo-promo yang mungkin ada di momen harpelnas, *tepok jidat*.

    ReplyDelete
  13. Kak miaa selalu serius menggarap sebuah tema tulisan. Senang membaca artikel pian. Meski belum pernah dapat surprise sebagai konsumen maupun pelanggan, aku tetap semangat berbelanja.hehe.

    ReplyDelete
  14. Wah baru tau bedanya pelanggan dan konsumen, aku ngira keduanya itu sama. Nambah ilmu baru nih.. btw kayaknya harpelnas ini kalah pamor sama harbolnas ya jadi bnyak yg belum tau wkwk

    ReplyDelete
  15. Saya termasuk kelompok konsumen. Jarang banget loyal pada suatu merek. Tergantung siapa yang kasih diskon paling oke. Halah..hahaha..

    ReplyDelete
  16. Nah betul Mak. Di Handil Bakti ini Pizza Hut masnag stand banyak-banyak jual murah pizza. Juga beberapa menambahkan fasilitas drive thru biar lebih simpel. Ah banyak sekali tantangan yang akhirnya ajdi inovasi di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  17. Selamat menjadi raja dan ratu untuk para pelanggan di Harpelnas. Hehehehe
    Dan dimasa pandemi ini selalu salut sama para pengusaha yang banyak mikir inovasi. Bukan hanya untuk agar usahanya jalan teru, tp juga agar karyawannya bisa mencari rezeki

    ReplyDelete
  18. Banyak kejutan ya mba di harpelnas, tapi masih mantul kejutan tahun kemarin sih. Jujur tahun ini kurang banyak, eh kurang banyak apa aku yang kurang inpoh ya wkkwkwkw

    ReplyDelete
  19. Saya sendiri setiap ada promo hari pelanggan atau hari - hari lain yang banyak promo , malah menghindari belanja hihiii karena pengalaman bisa kalap karna liat harga diskon dan promo promo menarik.

    ReplyDelete
  20. wah tahun depan harus diingat nih tanggal hari pelanggan nasional ini biar bisa mantengin promo-promo yang ada

    ReplyDelete
  21. wah ternyata tiap perusahaan programnya kereen2 juga yaa...klo thn ni sih aku gak gt ngamatin, terutama soal diskon2..maklum pandemiii hahaha, hrs atur keuangan dengan tepat wkwkwk #ngeles

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.