Wednesday, September 2, 2020

Alasan Menulis Blog Versi www.ummvc.com

 

Alasan Menulis


Throwback ini ceritanya sih kalo mengurai kisah tentang alasan menulis blog versi saya.  Apa sebab? Karena ada versi dulu dan sekarang. Saya sendiri kalo urusan perangkat telekomunikasi entah kenapa  kok suka & hobi banget .  Contoh ya, dulu tuh kan untuk bisa berkomunikasi dengan orang-orang tersayang nun jauh di mata biasanya dengan surat, kartu pos, telepon dan telegram.  Nah, saya paling suka tuh surat-suratan dan telponan.  Ama temen sebangku aja di sela-sela pelajaran berlangsung, bu guru lagi nerangin pelajaran ya sempet-sempetnya surat-suratan.  

Nulis diari?  Wah, itu udah pasti.  Sampe seneng banget rasanya pas punya diari yang bergembok mungil.  Apalagi pas ada film serial Doogie Howser,M.D  (1989), tokoh utamanya diperanin oleh Neil Patrick Harris.  Film ini waktu itu hanya tayang di stasiun tv negara tetangga.  Saya kadang nontonnya nebeng di rumah tetangga.  ‘Hai Tetangga’ hahahaha.  Duh serba tetangga.

Pas Bapak punya rejeki bisa beli antena parabola, udah deh lancar jaya nonton tuh film.  Jadi film serial itu menceritakan tentang kehidupan seorang dokter muda di Amerika Serikat.  Nah tiap akhir episode, dia nulis diari di komputer.  Tahun 80’an nulis diari di komputer itu kan amazing banget bagi saya. Woow... Apalah daya diri ini yang hanya mampu  memiliki diari bergembok mungil.

Nah, pas rusuh-rusuhnya nyusun skripsi.   Berkenalanlah saya dengan blog.  Tuh, kan akhirnya jadi terpikir nih bikin diary online.  Waktu itu tahun 2001.  Nggak ngerti blaasss kalo ngeblog itu bisa buat macem – macem. Hehehe maksudnya bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar gitu lo. Kerjaanku kalo udah sumpek nyari data buat skripsi, nge-blog deh.  Konten posting biasanya tentang curahan hati, cerita film yang pernah ditonton, lirik lagu favorit, dan foto pun masih nyomot dari mesin pencari Yahoo.  Oya waktu itu Yahoo masih berjaya di jagat dunia maya.

Alasan Menulis_2

Baidewei, ceritanya mau dicepetin, slow moving, dipanjang-panjangin atau dipersingkat nih?  Kalo dari A sampai Z dan saya ceritain detail banget wah bisa-bisa bakal jadi sebuah buku nih.  Tapi kamu pernah nggak, nulis buku terus pas dijual susah lakunya?  Saya pernah. That’s hurt. Looh, kok curhat.

Apa Alasan Menulis Blog?

Kalo diceritain yah alasan saya menulis blog di tahun 2000 dulu itu, well, ngisi waktu luang terus menjalin hubungan pertemanan dengan sesama blogger.  Eh, ternyata blog bisa buat jualan.  Oke, saya pun buka lapak di blog selain di Facebook waktu itu.  

Kemudian, pas serius mendalami aktivitas menulis, tulisan-tulisan saya baik yang fiksi dan non fiksi biasanya saya posting di blog.  Apalagi waktu itu media cetak masih ‘on the top’, jadi edisi online dan e-paper masih jarang ada.  So, walaupun opini saya dimuat biasanya tetap saya posting di blog.  Tap ya gitu deh, sebagai orang yang angin-anginan.  Hari ini semangat, besoknya mager jadi lagi-lagi ngebog pun nge-stuck.

Nah, pada suatu hari di saat blog saya tengah hiatus, tapi nggak dinon-aktifkan.  Masih tayang gentayangan (apa sih ini...), saya kenalan dengan sebuah komunitas blogger lokal.  Komunitas ini menarik karena membernya semua adalah ‘femalle’ alias perempuan.  Selain itu juga harus asli dari Kalimantan Selatan atau kalaupun berbeda kesukuan, hal itu bisa diganti dengan domisili.  Jadi member harus berdomisili di Kalimantan Selatan.  Oya, nama komunitasnya yaitu Female Blogger of Banjarmasin (FBB).

Ya, lanjut!  Jadi, dengan bergabung di komunitas lumayan bikin gairah nulis juga ngeblog kembali ‘panas’.  Ya dong.  Apalagi ketemu temen-temen baru juga dapet ilmu nambah nge-blog.  Nah, yang awalnya aja masih ragu-ragu buat beli domain akhirnya begitu masuk komunitas, saya pun bertekad kudu punya TLD alias Top- Level Domain

 Kok mau?  Ampe segitunya. Nah ini nih.  Berhubung saya tuh mulai menyadari bahwa skill menulis pada diri saya harus tetap bisa ‘menghasilkan’.  Kan nggak selalu beruntung tulisan bisa dimuat di koran terus dapet honor.  Andaikan dimuat aja itu sudah dianggap ‘honor’ lo.  Nah, begitu nge-blog saya pun akhirnya bisa tau kalo tulisan kita juga diperlukan dan kemudian diberi fee oleh yang memerlukan tulisan tersebut.

|My Bookgraphy

Jadi alasan menulis blog bagi www.ummvc.com? Hal ini sebenarnya saya tulis sih di ‘about blog’.  Jadi, sebenarnya alasanya adalah... eng ing eng... tereteteetetet... wkwkwk

Alasan Pertama

Supaya saya tuh tetap stay on menulis.  Jadi, nulisnya tuh nggak berhenti.  Nggak sebatas nunggu job.  Parah ini ya, cuma nulis kalo ada job.  Apalagi kalo jobnya content placement. .

Alasan Kedua

Supaya bisa dapet uang jajan. Aduh, alasan nggak jauh dari nge-job ya?  Ya kan rasanya beda loh, bisa menghasilkan profit dari skill kita sendiri.  Kerjanya pun nggak kantoran.  Apalagi selama pandemi gini, wah ngeblog pun jadi khusyuk banget.  

Alasan ketiga

Walaupun andaikata nggak ada job, bikin tulisan organik kan lumayan buat nambahin postingan plus bagi-bagi info bagi warga net sejagat alam maya.

Apa nggak ada tuh alasan untuk eksistensi diri misalnya?  Atau menunjukkan self branding?  Kalo menurut saya  tentang  eksistensi, cukup dengan mengeksiskan berbagai tulisan yang orisinil karya saya di blog.  Untuk self branding udah cukup ya dengan mencantumkan pada kolom About, kalo saya adalah lifestyle blogger.  Di satu sisi saya juga orangnya introvert dan males untuk eksis.  Kapok nih, pas nyoba eksis malah dikatain sombong.   Serba salah ya hehehe.

Sebelnya tuh ya kalo penyakit yang jadi kendala nge-blog mulai kambuh. Selama gabung komunitas dan bergaul walaupun sebatas di sosmed, kan akhirnya saya jadi tau tuh kalo ngeblog nggak sekedar nulis dan posting thok.  Masih ada yang lain.  

Jadi juga harus merhatiin Google Analytic (GA), Google Console), Adsense, Domain Authority alias DA, Page View alias PV, Spam Score (SS) dan yang terbaru adalah DR (Domain Range),  Belum lagi Alexa Ranking. Waaw!!!  Apalagi kalo udah merembet ke masalah ganti template.  Pastinya pengen juga kan ada peningkatan dengan make tema yang premium bukan yang versi gretongan.  Apalagi udah terlanjur nyebur juga merasakan uang jajan dari nge-blog. Okelah, stay strong ya.

|Sudahkah Kita Gemar Membaca

Penyakit yang biasanya kambuh tuh adalah mager.  Penyakit moody yang bikin mager bisa aja tuh kambuh.  Jadilah akhirnya males bikin tulisan organik.  Stuck gitu.  Bener-bener writer block deh.  Kok bisa gitu ya?  Biasanya karena memang ada aktivitas lain yang bikin saya males mikir multitasking gitu.  Akhirnya aktivitas ngeblog yang terkalahkan deh.

Meet Online Bersama Monica Anggen

Alhamdulillah, karena setiap penyakit ada obatnya.  Jadi, saat dapet materi yang di sharing oleh mbak Monica Anggen , akrabnya biasanya dia dipanggil ‘mbak Monica’. Saya tanyain deh tuh solusi untuk hal-hal yang biasa jadi kendala saat nge-blog. Soal mager ini, akibat karena ada kesibukan pada aktivitas yang lain.  

Kalo menurut mbak Monica sendiri ya memang harus pandai mengatur waktu & netapin waktu publish tulisan.  Kalo saya  pribadi akhirnya berkesimpulan harus pinter nyicil tulisan, memanfaatkan sela-sela waktu dan merencanakan tema tulisan yang akan saya tulis setiap minggunya.  Dari materi mbak Monica juga memecut diri saya ini untuk rajin baca buku.  Bagi penulis kalo nggak rajin baca kan pengetahuan jadi menthok, diksi nggak variatif dan ya nggak ada brainstorming gitu lah.

Oke deh .  Stay strong ya nge-blognya (ngucapin buat diri sendiri juga para blogger yang senasib dengan saya wkwkw) ❤❤❤.





39 comments

  1. rajin baca bukuuu, bikin timing khusus kalau enggak gitu kayaknya gak nambah2 artikelnya ya mbak. poin 2, cerita ttg uang ya karena emg semuanya butuh uang juga sih ya kak😂

    ReplyDelete
  2. Writers block emang suka ganggu banget ya mbak. Tapi kalau lihat teman-teman pada rajin nulis, rasanya aku terpacu kembali

    ReplyDelete
  3. Daku juga bikin tulisan organik, tapi yang sekiranya banyak peminat. Alhamdulillah berhasil, jadi membantu juga buat performa blog hehe

    ReplyDelete
  4. saya juga pusing banget kalau udah berurusan sama SEO dan segalanya, mbak.... hehehe
    YUk ah kita semangat belajar :D

    ReplyDelete
  5. Bagus mba, terus semangat menulis mba😊

    ReplyDelete
  6. Pasti seru dapat materi dari kak Monica .Semangattt.. Memang tujuan awal nge blog buat curhatan aja, aku juga gt. Seiring waktu blog tampaknya lebih berisi huhu. Semoga makin rajin nge blog juga deh aku..

    ReplyDelete
  7. Being consistent on what we do is indeed challenging. Semangat terus nge-blognya mba Mia, salut!

    ReplyDelete
  8. Waaah, Mbak Mia masa skripsi malah ngeblog, hehe. Buat penyegaran ya.

    ReplyDelete
  9. Nah ngeblog kasih banyak manfaat ya kan mba. Komunitas itu bikin aku pribadi semangat nulis plus memperlancar job juga karena suka dapat info di situ ahaha..

    ReplyDelete
  10. Ngeblog itu emang harus "telaten", entah dapet penghasilan atau tidak, bukan alasan bagi kita untuk tidak menulis.

    Seperti yg udah dibahas Mbak Monica, sekecil apapun pendapatan dari menulis saat ini, jangan menjadi alasan untuk berhenti menulis di esok hari.

    ReplyDelete
  11. Iya nih emang PR banget soalan menyicil tulisan ini. Padahal ya kalau kita mrluangkan waktu 1 paragraf aja sehari udah lumayanlah ya. Daripada nggak sama sekali, semoga setelah ini jadi makin rajin nih nulisnya.

    ReplyDelete
  12. Hahaha.. aq juga dulu hobi nge blog.. krn suka nulis. Bahkan sampe punya 2 blog.. �� semangatt...

    ReplyDelete
  13. Suka banget sama gaya berceritanya. Wah udah lama banget ya mbak ngeblognya. Banyak pengalaman nih. Btw, kalau lagi writer's block biasanya ngapain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rebahan hahaha, tapi sambil mikir itu sebenarnya mau nulis apaan.

      Delete
  14. sekarang aku jadi makin terbuka mba wawasannya semenjak tergabung di banyak komunitas blogger, jadi tau soal DA PA, GA dan SEO. kalo dulu jaman blogspot jadul and multiply mah, nulis seenak udelnya aja, lebih banyak cerpen dan fiksi kalo dulu tuh

    ReplyDelete
  15. Samaan Mbak. Saya ngeblog salah satunya biar konsisten nulis. Nulis di blog kn lebih ringan. Jadi bisa nulis apa ja gitu.

    ReplyDelete
  16. Tks ka sharingnya ^^

    Kalimat "kalo ngga rajin baca, pengetahuan jadi menthok, diksi nggak variatif" ngena banget ����

    ReplyDelete
  17. Wah, mbak..kok sama. Titik balik aktivitas ngeblog saya diawali dari bergabungnya saya di komunitas. Tadinya saya ngeblog ya sesukanya. Setelah gabung di komunitas jadi tercerahkan. Ternyata ngeblog banyak manfaatnya...

    ReplyDelete
  18. Mbak, saya ngerasain tuh kirim kartu pos dan nulis diary wkwkwkw serius😊 tapi sekarang smua serba Internet. Buku aja udah banyak berbentuk ebook. Jadi blog ini cucok banget buat pengganti diary yg kuncinya gambar barbie. Saya kendalanya waktu mbak. Jadi kadang blog jadi sarang laba rugi wkwk

    ReplyDelete
  19. Udah lama ternyata ya mbak kenal sama blog. Btw. Saya juga makin semangat ngeblog ketika gabung ke komunitas.. Seperti ngerasa ada temen yang punya hobi sama dan saling menyemangati

    ReplyDelete
  20. Cie cie yang hobi surat suratan, tapi positifnya itu juga mengasah kita untuk belajar menulis ya mbak.

    ReplyDelete
  21. Ngeblog sejak tahun 2000 mba? Superrr, senior sekali. Saya sendiri baru serius ngeblog itu 2014. Pas kuliah mah punya multiply, tapi updatenya mungkin cuma sekali atau dua kali sebulan. Wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Ngejob memang salah satu days tarik untuk ngeblog ya mba, tapi banyak sekali yang harus Kita pelajari agar job tetap mengalir

    ReplyDelete
  23. Yess mulai sekarang harus punya bank tulisan ya mba..
    jadi bisa publish semakin rapet... ga sama pasangan doank yang main rapet hehehe

    ReplyDelete
  24. Wah pesan untuk saya pribadi, nih. Untuk sedikitnya punya bank tulisan. Soalnya saya tipikal yang menulis dadakan, duh jelek sekali kebiasaan ini. Terima kasih kakak sudah diingatkan. Oh iya, saya pun termasuk yang terlambat membuat jadi TLD-nya

    ReplyDelete
  25. Job sama lomba blog memang salah satu penyemangat menulis. Aku sampai pernah tenggelam sama "job" sampai lupa nulis organik hehehe
    Dan bener tuh kata Mba Monic, kuncinya ada di manajemen waktu. Semangat terus mba Mia belajarnya

    ReplyDelete
  26. Setiap orang memiliki alasna dan tujuan yang berbeda ya Mbak dalam ngeblog. Apa pun itu yang penting kita bahagia

    ReplyDelete
  27. Tulisannya menginspirasi banget mba,, suka,,
    Udah lama banget ya mba ngeblognya,, mesti banyak belajar nih,, :)

    ReplyDelete
  28. Dengan menulis, rasanya lebih tenang gitu...hal-hal yang selama ini cuma mentok di pikiran, bisa tersampaikan. Terus yaa pastinya dengan menulis, bisa punya banyak teman juga :)

    ReplyDelete
  29. Saya susah ngatur waktu karena merasa sok sibuk . Biasanya keteteran saat deadline mbak. Mulai sekarang harus berubah jadi lebih baik dan memaksa diri menyediakan waktu untuk mencicil menulis

    ReplyDelete
  30. Curhat di blog itu seperti nya self healing bagi para blogger ya mbak

    ReplyDelete
  31. aku malah baru kepikiran buat jualan alias buka lapak di blog mbak, mbaknya malah dari lama

    ReplyDelete
  32. punya lingkaran pertemanan yang hobinya sama memang jadi bisa saling memotivasi ya mbak. Semangat terus nulisnya

    ReplyDelete
  33. Sama banget mba.. aku sendiri tantangan terbesarku dalam menulis blog ini adalah penyakit mager, moody dan sulit mengatur waktu untuk menulis.
    Baru dua bulan ini aku benar2 mengatur planing dan target membuat tulisan di blog.

    ReplyDelete
  34. aku suka mager dan males nulis krna minder liat progress temen2 blogger yang udh punya bnyak kemajuan, apalagi klo misal kalah lomba blog huaaaa sedih bet tapi selalu balik nulis lagi sh hehehe setelah baca post mba mia aku jd tercerahkan ttg manajemen waktu ini soalnya selama ini aku emang ngga punya plan post blog, ngeblog sesukanya aja hehe pantesan blm ada kemajuan

    ReplyDelete
  35. Musuh aku entah mau nulis atau ngonten tu Cuma 3 mba. Mager, Laper, dan Baper hehehe

    ReplyDelete
  36. Nah terapin waktu publish tulisan nih susah banget wkwkw. Tapi aku juga mau coba ngasih jadwal tetap biar benar-benar disiplin.

    Mantal Kak Mia udah lama banhet ngeblognya tapi gak bosen2 hehe. Semoga aku juga nantinya tetap konsisten aamiin

    ReplyDelete
  37. Bener banget mba.. Emg ngeblog ini bs up n down disela kesibukan. Mknya hrs pandai atur waktu ya. Akupun msh peer ini

    ReplyDelete
  38. Aku malah enjoy nulis organik sih walau ga memungkiri kita butuh jajan dari tulisan berbayar yeee kan.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.