Wednesday, July 8, 2020

Close Up With Putri Santoso #FBB Kolaborasi

Assalamu'alaikum

Dalam kesempatan kali ini, Emak ikutan FBB Kolaborasi lagi nih.  Tema bulan Juli ini menarik lho, karena bikin para member Female Blogger Banjarmasin (FBB) bisa saling makin mengenal. Kek ta'arufan aja hihi.

Ok, Emak pas banget nih dapetnya nge-interview Putri Santoso empunya blog www.lilpjourney.com
Nih foto blognya. Keren kan yaaaa


Yuk mumpung FBB Kolaborasi ngadain Close Up with Member, kita kepoin  Putri yuukk hayuuuk.

Nah, gaes, ini nih PUTRI SANTOSO, blegger yang juga member dari  komunitas FBB:

"Dulu aku tau blog itu sejak 2008. Dulu itu cuma buat jualan pulsa (agen pulsa gitu)", Putri ngejelasin nih asal-muasal  dia tau tentang blog.

Jadi tambah kepo kan?

"Tahun 2009 aku pindah ke Pelaihari. Dulu pas masih di Tulungagung , aku ikut jurnalis muda Radar Tulungagung (anak Jawa Pos) dan masuk komunitas KIR. Dari situ terbiasa nulis.  Pas SMK di Pelaihari kok gak produktif ya.  Akhirnya aku mulai nulis.  Sampai kuliah semester 4 aku nulis seputar multimedia.  Blognya bukan blog aku yang sekarang sih, Hehehe.  Blog yang sekarang itu blog baru. Yang memang untuk ke branding diri."

Oh...begitu. Trus Emak nanya nih tentang suka duka selama ngeblog.

"Dukanya itu saat ada orang bilang: 'Cuma nulis, emang bisa dapat apa sih?' Itu sewaktu awal-awal.  Sukanya karena blog aku jadi punya wadah untuk menyimpan cerita.  Ketemu banyak orang baru.  Bahkan dikenal sama orang karena blog."

Emak kadang juga blog walking ke blognya Putri.  Tulisan Putri biasanya nyeritain tentang travelling dan kopi. Jadi Emak nanya nih apa hubungannya travelling & kopi?

"Aku punya filosofi sendiri tentang kopi.  Karena kopi aku jalan-jalan. Hehehe.  Kopi itu penyetara gender dan bahasa universal bagiku.  Kopi yang membuat aku jalan-jalan dan ketemu banyak hal luar biasa."

Oooo...begitu.

"Aku bisa bolak-balik jalan-jalan ke Toraja juga karena kopi.  Waktu itu di bis Toraja-Makassar, waktu pertama kali ke Toraja, ada orang ngajak kenalan. Voila. Dia orang Dinas Pariwisata yang tertarik karena aku ngobrol tentang kedai kopi dan rasa kopi Toraja.  Dan itu pertama kalinya ada orang yang bilang:

'Aku jatuh cinta pertama kali sejak pertama ketemu di bis, karena cerita kopimu yang menarik.' (Cieeeeee...)

Cerita Putri pun berlanjut.
"Duduk di balai desa adat Kampung Ollon Toraja bersama para TNI dan warga lokal pun karena kopi adalah penyetara gender. Karena seringnya pas jalan-jalan: "Mbak mau minum apa?" Dijawab, "Kopi." Langsung deh bapak-bapaknya bilang: "Wah bagus itu minum kopi, dan lain-lain."

Asyik juga yaaa. Demikian kaitannya antara traveling & kopi bagi Putri.  Baidewei kesibukan Putri lainnya apa ya?

"Kesibukan lainnya kerja kantoran sih.  Sama bikin kue hehehe."

Wah bisa masak yaaa. Mantaaap.


"Aku suka masak sejak punya rumah sendiri tahun 2014 lalu.  Karena dibesarin sama nenek yang masakannya "enak". Aku hanya terdoktrin untuk bisa masak kaya beliau dengan citarasa kaya beliau.  Sampai akhirnya pas nenek 'pulang' tahun kemarin aku sadar : aku pengen kayak nenek.  Ketika punya anak dan suami mereka akan bilang masakan ibu juara.  Atau pas mereka jauh dari rumah kangen masakan ibu."



Emak pun nanya, ada rencana bikin blog baru nggak dengan niche Kuliner?

"Sebenernya ada.  Tapiii sepertinya semenjak menjadi WP user, kayanya bakalan jadi satu di blog lippjourney.com," demikian jelas Putri.

Nggak terasa tiba deh ke bagian closing.  Emak nanya tentang harapan Putri bagi dunia digital umumnya & khususnya pada blog.

"Harapannya semoga ada undang-undang tentang blogger. Biar kita (para blogger maksudnya) punya landasan hukum yang jelas yang bisa melindungi karya kita dan kita sendiri sih.  Karena blog kan jatuhnya personal.  Kita tidak punya payung hukum seperti wartawan."

Wiiih, keren juga yaaa harapan Putri.  Bener banget Put, semoga yang terbaik bagi blogger bisa terwujud ya. Aamiin.

Ok, demikian interview Emak dengan Putri Santoso. Sampai jumpa di FBB Kolaborasi berikutnya. Wassalam 💗


Share:

11 comments:

  1. Saya tuh selalu terharu kalau Mbak Putri bilang kepingin masak yang enak buat keluarganya. Seneng banget dengernya ^^

    ReplyDelete
  2. Baru tahu ternyata Kak Putri Santoso bisa masak toh XD ihhh pengen dimasakin jadinya XD

    ReplyDelete
  3. Kak Put ini emang tampilan blognya keren bgt, trus aku juga suka sm cerita dia traveling. Apalagi yg solo traveling, bikin aku juga tertantang untuk ngerasain sensasi traveling sendirian.

    ReplyDelete
  4. Ya ampun Putri, aku ga nyangka suka masak. Dan berbakat lg kalo dilihat dari foto2 masakannya 🏵

    ReplyDelete
  5. waaah jadi malu baca cerita sendiri hehehe
    menulis dan jalan-jalan ternyata jadi sarana saya punya banyak temen
    terimakasih FBB

    ReplyDelete
  6. Luar biasa kak putri... Multi telen banget dah.... Ilmu blogger nya luar biasa banget.

    ReplyDelete
  7. Bener banget nih, kayanya harapan semua blogger kita punya payung hukum yg melindungi tulisan kita dan kebebesan berpendapat

    ReplyDelete
  8. Hahaha seru banget ya ka Putri ini travelling ke berbagai daerah gitu. Sayang sekali aku tak suka kopi, eh bukan nggak suka sih tapi lebih tepatnya kalau minum kopi aku pusing. Hahaha

    ReplyDelete
  9. Blogger fav aku nih, kirain pas pertama kali kenal dia orang toraja yang hijrah ke kalimantan, gara gara dia suka bahas toraja gitu kaaan.
    eh taunya dia emang asli orang kalsel. Serba bisa ini anak mah

    ReplyDelete
  10. gilsss, kak putri ini keren aselik. Rajin kali belajar ngeblognya, aku saluut :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.