1st Day Shaum Ramadanku di Rumah Aja #FBBKolaborasi



Assalamu’alaikum,

Ramadan kali ini tu berbeda banget dengan Ramadan yang sebelumnya. 

Apa pasal?

Udah jelas kan ya, wabah pandemi Covid 19 yang disebabkan oleh virus Corona ini bikin masyarakat dunia harus drastis mengubah kebiasaan hidup.  Ternyata hal ini juga ada efeknya pada bulan Ramadan. Jadilah hari pertama shaum/puasa Ramadan yang biasanya Emak ngumpul dengan ortu & sodara di Banjarbaru kali ini cukup di Banjarmasin, di rumah aja bersama keluarga tercinta.


Nah sesuai tema #FBBKolaborasi bulan ini pas banget buat cerita-cerita tentang hari pertama berpuasa di bulan Ramadan yang di rumah aja.  .

Ngapain aja Emak selama hari pertama shaum Ramadan? 

Biasalah, nunggu inspirasi bakal masak atau beli lauknya aja untuk berbuka hehehe.  Di daerah tempat tinggal Emak lumayan rame sih yang jualan, bahkan bu RT pun dagang lauk juga.  Jadi nggak terlalu repot.  


Selain urusan masak memasak juga kudu melaksanakan planning yang udah disiapkan nih.  Planning baik urusan dunia juga urusan akhirat.  Mumpung bulan Ramadan yang namanya aktivitas ibadah kudu dibanyakin ya Gaes.  Emak akan ceritain nih di #FBBKolaborasi apa aja planning  Emak bikin dan juga udah dilaksanain pas hari pertama puasa.


Jadi, selama masa pandemi ini akhirnya memang serba online ya.  So, sepertinya intensitas akses internet lumayan tinggi deh dimulai dari bulan Maret yang lalu.  Ada sih yang akhirnya baru aja masuk planning list Emak.

Apaan tuh?

Jadi yang namanya live event dengan berbagai tema termasuk kajian keIslaman gitu ternyata pada rame yang nyelenggarain selama bulan Ramadan. Publikasinya bertebaran di berandan FB & IG,. Ada yang interaktif, ada juga yang nggak pake tanya jawab gitu.  Nah, Emak pun masukin ke planning untuk ikut tuh live event baik di youtube, IG maupun FP di FB.  Selain itu Emak juga jadi rajin baca-bacain artikel keIslaman & nonton video ceramah. Lumayan nambah wawasan.  

Nggak ngabisin kuota, Mak? 

Ya, dikira-kiralah pemakaiannya supaya nggak boros.  Apalagi HP Emak tuh makenya berdua ama anak. Jadi ya gitu, kadang rebutan hahaha.  Termasuk rebutan kuota. 


Selain itu Emak juga masukin ke planning untuk rajin tilawah, muraja’ah surat pendek, tarawih & ibadah sunnah nafilah lainnya.  Nggak semua sih bisa terlaksana di hari pertama, tapi yang penting tarawih, tilawah & muraja’ah nggak ketinggalan.


Nah, bertepatan hari pertama puasa kan pemerintah Kota Banjarmasin melaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tuh, Alhamdulillah masih bisa Emak jalani, karena Emak sendiri nggak jalan yang jauh-jauh. Berhubung rute perjalanan Emak: 

rumah-pasar/minimarket/petshop/atm/pom bensin-rumah lagi.  

Gitu-gitu aja. Kalo udah kelar menunaikan aktivitas di luar rumah ya lanjut aja lagi ngelarin yang di dalem rumah.  Lumayan sih, jadi menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, bisa numbuhin semangat untuk naikin ER di IG juga DA/PA/PV di blog hehehe.  


Nah iya tuh, hari pertama puasa juga memang terpikirkan untuk rutin bikin postingan selama bulan Ramadan baik di IG & blog trus rajin ikutan IW & BW supaya bisa naikin ER & DA/PA/PV.  Mudah-mudahan malesnya nggak kumat ya. Aamiin.

Sekian dulu ya cerita Emak untuk #FBBKolaborasi.  Sambung lagi next time dengan cerita yang berbeda.

Wassalam

Baca Juga:



7 Comments

  1. Keren planningnya Mbak. Kalau saya tak bisa ikutan live event di medsos karena hp juga rebutan sama anak, wkwkwk.

    Amiin, semoga malesnya gak kumat. Doain saya supaya tak mager juga yak, hihihi.

    ReplyDelete
  2. Semangat Mak, semoga ERnya naik, DA/PA/PV juga naik aamiin. Doa buat kita semua hihi XD

    ReplyDelete
  3. Yang terakhir itu aku banget mak doa nya🤣 berdoa banget pokonya supaya males nya g kambuh biar segala rencana bisa tercapai.... Susah baheet susah ngalahin males....

    ReplyDelete
  4. Mantap planingnya ini...btw skrg hari ke-19, aku juga banyak target tp gak tercapai2..hiks

    ReplyDelete
  5. Mantep makk, saya msh blm bisa ikut live event karena pastinya hp / tvnya bakalan direbut anak pengen ikutan nonton yg lain hahaha.
    Moga semangat terusss bikin postingannya ya. Istiqomah, amiin

    ReplyDelete
  6. Mak, sebetulnya kalau mau naikin DA, BW kurang efektif, Mak. Mending titip backlink di badan artikel website lain.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.