Ketika Emak di Rumah Aja


Assalamu’alaikum!

Lama banget Emak nggak ngoprekin blog. Kegalauan melanda jari-jemari juga hati cieee... alias males buat nulis.

Apa sebab?  Biasalah,moody-nya kumat.  Selain itu juga sedang terpana dengan apa yang sedang melanda dunia.

Itu tuh, wabah pandemi Covid 19 yang efeknya luar biasa hingga menyerang daya tahan tubuh manusia khususnya paru-paru, kalo imunnya kuat ya bisa sembuh dan kalo enggak ya bisa wafat. Nggak hanya berefek pada kesehatan masyarakat dunia ya, tapi juga berimbas kepada kebijakan politik, ekonomi, pendidikan and so on.  

Sumber: nationalgeographic.grid.id

Jadi bersyukurlah, walaupun kena lockdown atau PSBB dan yang sejenis lah, tapi masih bisa makan 3x sehari bahkan lengkap cemilan, masih bisa beraktivitas yang lainnya walaupun serba online sampe sekolah, kuliah, sidang skripsi bahkan wisuda pun sampe online.  Bagi yang muslim tapi masih kekeuh berjamaah pun shalatnya kudu bawa sajadah & jarak shaf pun renggang. 

Ngebayangin kalo rumahnya Emak kayak gini

Dan, Emak tuh di rumah aja udah lumayan sebulan lebih, sejak tanggal 23 Maret.  Nggak berani lagi ke luar kota, ke tempat ortu karena khawatir tertular atau bahkan bisa menjadi carrier virus Corona, penyebab Covid 19 ini. Apalagi baru punya ponakan baby yang usianya barusan genap 1 bulan.  Nambah khawatir kalo si baby kenapa-napa.  Sooo, paling vc’an deh.

Oya, tau-tau udah masuk bulan Ramadan aja nih.  Aku pribadi memang terbiasa tarawih di rumah sih jadi begitu ada kebijakan beribadah di rumah, ya nggak masalah.  Serunya lagi PSBB baru dimulai nih di kota Banjarmasin, ngepas masuk bulan Ramadan.  Untungnya yang jualan makanan untuk buka puasa masih ada.  Jadi masih bisa beli-beli makanan gitu hehe.  Udah ngeblank pikiran mau masak apa, jadi ide menu bisa disimpen deh  buat menu sahur.

SERBA ONLINE

Iya nih, Emak liat dengan adanya pandemi Covid 19 akhirnya aktivitas pun serba online. Selama bulan Ramadan bahkan ada kajian online via  berbagai aplikasi video conference. Trus, aktivitas pendidikan &  pekerjaan juga demikian. Bagus sih tapi kuotanya itu loh. OMG.

Sumber: pixabay.com

Sebenarnya bisa aja sih milih operator selular dan aplikasi yang irit kuota.  Tapi, belum tentu juga sinyalnya kuat di seluruh daerah, ya kan. Selain itu kalo memang bisa, usahakan juga sih untuk membatasi aktivitas yang serba online.  

Emang bisa? 

Hehe, maksudnya khusus buat ngerjain kewajiban aja gitu (tugas sekolah, kerjaan misalnya).  Kurangin yang buat hiburan.  Cari alternatif untuk hiburan itu yang bisa dikerjain secara offline.  Kalopun ngikutin kajian online, ya boleh aja, nggak ada yang ngelarang, semoga rejeki kuotanya dicukupkan biar bisa wawasan tentang agama nambah & memperkuat keimanan.

Oke, sekian dulu yah.  Gitu aja, Mak?  Iya, gitu aja haha.  Ni tulisan buat mancing nih supaya Emak  nggak moody lagi nulisnya.  Aamiin. 

Sumber: gaya.tempo.co
Baca Juga:

15 Comments

  1. Emak2 sudah terbiasa di rumah sebelum pandemi, saat pandemi pasti merasakan kebosanan karena sudah di rumah terus.

    ReplyDelete
  2. Sekarang rindu banger jalan-jalan. Nggak usah jauh-jauh dulu, keliling jalan pagi aja, baru setelah itu makin jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha betul mbak, aku termasuk tipe emak yang suka di rumah tapi juga suka kelayapan.

      Delete
  3. Hehe iya nih Emak blog ini lama nggak muncul, hihi. Semoga tetap produktif nulis ya Mak #reminder diri sendiri juga wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya moody banget akunya, plus malas meluangkan waktu untuk nulis.

      Delete
  4. aku bukan orang yang suka ke mall. tapi sesekali perlu lah buat sekedar jalan.
    alhasil sekarang dilanda bosaaaan

    ReplyDelete
  5. Sudah terlalu dirumah kadang bisa bosan hiks, ditambah aktivitas dirumah tiap hari hal yang sama, makin tambah bosan dh klo gitu huhu. Biasanya juga nisa ke mall. Kalo tidak sebulan sekali nya dua minggu sekali. Untuk refreshing diri, harus ekstra sabar biar bisa jalan jalan lagi

    ReplyDelete
  6. Tos mak.... Sama banget .. aku juga udah hampir 2 bulan dirumah aja.. bahkan full dirumah aja g keluar rumah... Dan kondisi saat ini tu bener bener bikin moody nulis... sering Bingung mau nulis apa ...

    ReplyDelete
  7. Sebagai ibu bekerja ulun mati gaya ka kebanyakan di rumah. Heu. Mana sudah lama banar kada ke wadah mama padahal di banjar aja. Huhu

    ReplyDelete
  8. Yaa pada akhirnya semua serba online sekarang ya. Aku jadi pengen juga mbak punya ruangan seenak itu bawannya mager. Hahaha

    ReplyDelete
  9. Serba online emang enak ya tp bener uga si kuota harus dipikirin juga. Untung aku pake wifi, jadi ga terlalu berasa hehe

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.