Thursday, November 28, 2019

Nge-Mall Yes! Salat Juga Yes!



Emak sebenarnya suka nge-Mall.  Di Mall kan adem dan namanya juga Mall jadi tentu banyak counter-counter berbagai macam produk yang bisa bikin fresh buat sekedar cuci mata.  Selain itu, kalo nyari produk-produk yang branded udah pasti ke Mall, misalkan males beli online

Simpelnya nih, Emak ke Mall biasanya buat :
  • Shopping
  • Refreshing – dengan cuci mata plus jajan kulineran baik makan-makan atau sekedar nyeruput thai tea.
  • Menghadiri event kalo diundang
Berhubung Emak tinggalnya di Banjarmasin, kota Seribu Sungai yang dulunya dikenal cuma punya 1 Mall eits sekarang udah 2 Mallnya hehe.  Walaupun berdampingan dan saling nembus ya itung 2 deh, jadi ada Duta Mall & Transmart.

Mall kan bukanya sekitar jam 10’an tuh dan itu pun belum tentu ready semua.  Jadi jam optimal buat ngeMall sebaiknya menjelang jam makan siang.  Sekitar jam 12’an gitu deh.  Atau siangan sekalian.  Sore & malam pun tentu juga oke, karena semakin rame!

Dulu-dulu sih kadang suka mikir, misal pas ngemall trus udah masuk waktu salat trus gimana salatnya? Bener sih ada musala + tempat wudhu, tapi dulu itu ukuran musalanya kecil-kecil sekitar 2x2 meter deh, seadanya banget, bahkan bisa-bisa yang muslimah nggak kebagian shaf. 

Seingat emak, dulu banget musala di ground floor deket parkiran yang agak gedean & ada pemisah + hijab untuk shaf wanita & laki-laki.  Udah gitu, tempat wudhunya pun nyampur (pria & wanita) & terbuka.  Tempat wudhu yang terbuka bagi muslimah ini problem lo, karena saat berwudhu kan harus membasahi rambut, lengan, kaki yang merupakan aurat. 

Jadi, sempat jadi beban nih kalo ngemall, so akhirnya nyari waktu yang nggak bentrok dengan waktu salat.  Bisa sih, kalo mau yang legaan salatnya di mesjid depan Mall.  Tapi rada jauhan & nggak termasuk lingkungan Mall lagi alias di luar.

Nah, begitu udah gandengan dengan Transmart, ada perubahan ternyata untuk musala.  Terharu Emak liatnya... Perubahannya:

Ikutin arah panah ya
  • Tempat wudhu terpisah antara pria & wanita.  Khusus untuk wanita, di bagian masuk tempat wudhu diberi hijab (kain penutup).  Jadi, para muslimah nggak perlu khawatir terlihat auratnya oleh non mahram saat berwudhu.
  • Musalanya pun luas banget, gak sepetak lagi.  Tapi beneran luas & lega. Kurang lebih seukuran musala yang ada di Q-Mall Banjarbaru.  Area shalat pria & wanita juga diberi hijab.  Bagi para muslimah yang nggak bawa mukena, don’t worry ada mukena-mukena cantik yang disediakan di musala untuk dipinjam.
  • Musala ini pun gak hanya satu, tapi ada beberapa.  Untuk di Duta Mall Emak sempat liat di dekat parkiran mobil ground floor 2, juga di lantai 1 sananya dikit counter Watson's.  Juga ada Transmart deket area bermain.  Nah, yang lain Emak nggak tau di mana lagi. 
Rak di bawah itu untuk nitipin alas kaki




Tempat wudhu muslimah  

Pinjem mukena? Boleh

tempat salat muslimah 

tempat salat pria

 Ok, asyik kan ya, nge-Mall tetep jalan & ibadah yang wajib pun tetap bisa ditunaikan.
.

12 comments

  1. Sekarang di Duta Mall musholanya sudah lebih nyaman ya kak. Terus juga ada titik mushola baru. Jadinya ngemall makin betah? #eeeh

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tau ada mushola bgs di duta mall. Ngemall pun tambah nyaman ya hehehe

    ReplyDelete
  3. Senang banget sekarang duta mall musholanya semakin banyak dan lumayan bagus.
    Apalagi sekarang tempat wudhu jua terpisah laki dan perempuan.
    Udah beda banget sama mall zaman dulu, mau sholat aja mesti desa-desakan campur sama laki2 jugaa

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sudah ada musholanya. Semoga semua fasilitas umum disediakan tempat shalat. Yang wajib jadi bisa tetap terjaga.

    ReplyDelete
  5. Iya bener banget Mak. Aku dulu solat yang di belakang A&W khusus cewek. sempit banget. sekarang alhamdulillah udah gedeaan suka. Kalau masjid Mall paling bagus dulu di surabaya Mbak. keren banget ngalahin masjid luar malah

    ReplyDelete
  6. Bagus ya musholanya skrg. .Duh, jd gak merasa bersalah nih kalau week end ngadem di mall lama. Haha

    ReplyDelete
  7. Iya nih sekarang musola di DM lebih luas dan nggak perlu rebutan lagi kalau mau salat. Tempat wudu juga sekarang tertutup jadinya aman

    ReplyDelete
  8. Aku paling suka ke Mall Ratu Indah yg ad d mksr, untuk musholla dan fasilitasnya bikin betah berlama2 di sana, jd bsa ngemall dan shlt jg kan tnp hrus lupa waktu ��

    ReplyDelete
  9. Sekarang musholla di mall itu bagus dan luas terus misah kan ada yg khusus cowok dekat bioskop dan yg cewek ini di area dekat wacoal. Terus dilainnya juga ada lagi.

    ReplyDelete
  10. Setuju mbak, musholla di mall semakin Banyak. Jadi gak perlu antri lagi hihi

    ReplyDelete
  11. Waktu zaman ulun kuliah di Banjar dulu masih sepetak eh, jd ga konsen salatnya karena sesak dan ada antrian yg menunggu.
    Alhamdulliah sekarang sdah luasan yak, *terharu*

    ReplyDelete
  12. mantap mbak ngemall tetep jalan, ibadah juga jalan
    aku sekali aja dulu pas ke banjarmasin mainnya ngemall ke Duta Mall
    taun 2011an kayaknya, itu aja udah mayan kok ya mall nya

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.