Burinik Unda

^lifestyle blogger^

Senin, 29 April 2019

6 Santapan Hangat dan Simpel Tatkala Hujan


Hujan identik dengan suhu udara yang dingin.  Rasa lapar pun seringkali menyerang, jadi bawaannya pengen ngemil yang anget-anget. Ya kan?!

Ada 6 jajanan nih yang biasanya menemani di saat hujan. Apalagi hujannya lebat dan dalam waktu yang lumayan lama. Apalagi nggak bisa kemana-mana, hanya bisa nongkrong di rumah.  Pengen manggil delivery order, malah nggak tega ama babang yang nganter karena keujanan.  Kalo pesen bakso jangan-jangan malah kuahnya nambah pake air hujan lagi wkwkwk.

Ok, cekidot yah! 

💚Kopi/Teh Hangat

Silakan dipilih, suka kopi hitam atau mix susu bisa juga kopi krim sachetan. Nah, tinggal sediain air panas deh. Seduh aja varian kopi favorit.  Begitu juga dengan teh.  Suka black tea or green tea? 

Gimana dengan teh tarik? Anget-anget nyeruput teh or kopi favorit kita saat dingin-dingin di hari hujan kan nyesss banget. 
(*Sumber: fastcompany.com
Jadi, jangan lupa untuk selalu nyetok kopi dan teh  di rumah ya.  Jangan sampe kehabisan!  Biar tubuh nggak kekurangan asupan yang hangat.


💚Jahe

Jahe nikmat juga lo dijadiin minuman di saat hari hujan.  Manfaatnya  selain mampu menghangatkan tubuh juga ampuh untuk masuk angin.  Minuman jahe pun saat ini sudah ada yang berbentuk bubuk dan dimix dengan gula, dikemas dalam bentuk sachet. Tinggal diseduh dengan air panas.  
(Sumber: kumparan.com
Tapi kalo pengen bikin secara tradisional, ya bisa aja.  Jahenya digeprek lalu direbus dengan air secukupnya.  Untuk aroma bisa ditambah kayumanis dan biar manis bisa ditambah gula, baik gula pasir atau gula aren.  Bisa juga ditambah krimer atau kental manis.

Selain itu bisa juga kalo mau dibikin STMJ (susu telur madu jahe), bandrek, ronde, dan sekoteng.

💚Gorengan

Nah ini dia nih yang nggak boleh ketinggalan buat disantap saat hari hujan.  Apalagi kalo gorengannya dimakan bersama cabe rawit atau sambel petis. Mantap banget dah! 
(*Sumber: doktersehat.com
Jadi tiap belanja ke pasar, jangan lupa beli tepung terigu, tepung beras, telur, tahu, tempe, pisang kepok, ubi dan lain-lain.  Apalagi sekarang udah ada tepung bumbu serbaguna, mulai khusus buat goreng pisang, mendoan, dan untuk segala macam gorengan.  Kalo ada stok begini, kan jadi enak misal pengen makan gorengan tapi nggak bisa keluar rumah berhubung hujan lebat.  Tinggal goreng sendiri. 

Misal sempet juga keluar rumah, meski berhujan ria, ya hayuk dipilih gorengan favoritnya.  Ada tahu isi, tempe, pisang, bakwan, cireng..hmmm yummy!

 💚Mie Instan
(*Sumber: liputan6.com
Heheh, dingin-dingin begini pastinya enak yah ngerebus mie instan berkuah.  Apalagi di rumah udah ada nyetok sayuran seperti sawi, caisim, daun bawang. Trus buat tambahannya, ada nyetok pentol bakso (entah ikan, ayam atau sapi), trus pangsit, sosis. Wah, dijamin kenyaangg!

Bagi yang hobinya nge-ramen, oke juga tuh.  Ramen instannya bisa aja direbus. Pedes-pedes nampol pastinya mantap disantap di hari dingin.

💚Bakso

Wah, pas hari hujan gini abang bakso lewat depan rumah.  Yuk dipanggil!  Lagian misal di rumah udah pada abis bahan-bahan yang bisa dimasak dan belanja pun belum sempat.
Sumber: Facebook
Yuk ah, pilihin aja tuh apa aja yang dijual abang bakso selain pentol bakso + mie. Kali aja ada tahu bakso, bakso isi telur, ceker ayam dan pangsit basah sebagai tambahan.  Yummy!  Jangan lupa bubuhin sambel cabe & saos tomat.  Nikmat lagi dibubuhin jeruk nipis.  Wih, mantap jiwa!

💚Burjo

Suka burjo? Itu loh, bubur kacang ijo (hijau). Kalo bikin sendiri memang agak ribeut sih, karena kacang ijonya harus direndam dulu dalam waktu yang agak lama sebelum direbus. Biar empuk. 
(Sumber: travelingyuk.com
Jadi kalo pengen praktis ya beli yang udah jadi. Burjo yang anget pastinya nikmat banget untuk dinikmati di saat hujan. Bagi yang suka pake santan tambahan & ketan item boleh tuh dipisahin pas beli dibungkus jadi burjonya bisa diangetin lagi begitu sampe di rumah.

Burjo kandungan proteinnya tinggi, kaya serat, dan vitaminnya pun lengkap.  Vitamin yang utama terkandung pada kacang hijau yaitu vitamin A dan asam folat.

💚💚💚

Walaupun 6 santapan tersebut terkesan simpel dan klasik alias standar aja tapi tetep jadi idola ya kan di saat hujan.  Apalagi kalau saat kita berada di luar negeri misalnya, pasti bakal ngangenin santapanyang belun tentu ada di daerah tersebut.  Akhirnya terpaksa bikin sendiri hehe.

Nah, apa saja santapan favoritmu di saat hari hujan?  Apakah termasuk yang Emak sebutkan di atas? Jadi biarpun adem, perut tetap kenyang dan bisa beraktivitas dengan semangat.


|Baca Juga : 

, ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank u ya untuk komentarnya. Jangan bosen mampir ke blog ini.