Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Serempak Edukasi Pemberdayaan Ekonomi Digital Perempuan Banua



Serempak (Seputar Perempuan & Anak) Roadshow menjadikan Banjarmasin sebagai kota kedua di tahun 2018 dalam program pemberdayaan perempuan dengan mengangkat tema : 

“Serempak dalam Wadja Sampai Kaputing Meningkatkan Ekonomi Keluarga.” 

Acara ini adalah program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak dan diselenggarakan oleh Indonesia Women IT Awareness (IWITA), bertempat di UIN Antasari, auditorium Mastur Jahri, Banjarmasin pada hari Jumat, 8 Juni 2018.

UIN Antasari sebagai tuan rumah menyambut baik acara tersebut.  Turut hadir Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan  & Kerjasama UIN Antasari, ibu Dr. Hj. Nida Mufidah,M.Pd.  Usai memberikan sambutan, mewakili UIN Antasari, beliau menandatangani Mou untuk kerjasama ‘melek digital’ bagi perempuan Banua karena program ini termasuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bersifat kontinyu.

Ibu Martha Simanjuntak selaku founder IWITA memaparkan akan pentingnya bagi perempuan untuk mendapatkan edukasi di bidang IT.  Apalagi dalam keseharian, perempuan tak lepas dari gawainya. Ia pun memperkenalkan portal Serempak.id yang dapat diakses melalu gawai maupun komputer dan dapat dimanfaatkan oleh para perempuan dengan sebaik-baiknya.  Portal ini tidak saja menerima kontribusi berupa artikel tapi juga tulisan mengenai berbagai produk mikro industri -UMKM yang diproduksi oleh masyarakat khususnya para perempuan.  Hal ini diharapkan akan membantu pemberdayaan perempuan terkait meningkatkan ekonomi keluarga  di era digitalisasi.


Serempak roadshow kali ini dihadiri oleh empat pemateri yaitu Dina Aprilia, M.Psi. Psikolog selaku Ketua PSTPI (Pusat Studi Terapan Psikologi Islam) FUH UIN Antasari yang menjelaskan banyak hal mengenai peran & pemberdayaan perempuan.  

Kemudian Dewi Widya Ningrum –penulis & spesialis konten, ia menjelaskan banyak hal mengenai fungsi berbagai aplikasi digital baik sosial media maupun toko digital yang tersedia untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan ekonomi keluarga. 

Dilanjutkan oleh Iwan Fitriadi, Kepala Dinas PPPA Banjarmasin, beliau banyak menjelaskan fenomena & problematikanproblematika perempuan dan anak di kota Banjarmasin. 


Lalu ditutup oleh Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Kemen PPPA, Ratna Susianawati, SH.MH.  Beliau sangat mendukung akan edukasi melek digital ini agar perempuan Banua dapat mengisi era digitalisasi dengan memanfaatkan internet dalam hal meningkatkan ekonomi keluarga.



Acara yang dihadiri puluhan peserta baik laki-laki maupun perempuan namun mayoritas adalah perempuan, juga diselingi games serta berbagailomba. Para peserta pun tampak antusias untuk ikut serta. Menjelang siang, acara pun berakhir dan ditutup dengan foto bersama narasumber & peserta acara.


Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

12 comments for "Serempak Edukasi Pemberdayaan Ekonomi Digital Perempuan Banua"

  1. Seru banget nih acaranya memberikan informasi penting untuk kita dalam masalah perekonomian digital.

    ReplyDelete
  2. Wah bagus bgt yah acaranya ini, semoga next bisa ikutan acara kaya gini juga

    Eny from Enychandotcom

    ReplyDelete
  3. Saya baru tau ternyata seserius ini pemerintah mengawal para wanita di era digital ini. Bagus banget acaranya

    ReplyDelete
  4. Ga nyesal deh kemarin ikutan acara ini. Seru! Banyak dapat ilmu baru. Sampai ketemu lg di event selanjutnya mb mia. :)

    ReplyDelete
  5. Sayang banget aku gk bisa ikut kemarin. Bagus banget acaranya ya.. hiks..nyesel deh. Mg next ada lagi event spt ini yaa.

    ReplyDelete
  6. Acara memang bagus banget. Banyak ilmu yang saya dapat, nggak nyangka KPPPA ingin para masyarakat sekarang jadi kerja cerdas dengan melek teknologi.

    ReplyDelete
  7. Perekonomian digital itu selain olshop apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Influencer, youtuber, blogger, programmer, writer dll. Tp hal ini gak dibahas mendalam oleh pemateri. Yg ditekankan msh scr umum aja spy perempuan indonesia khususnya di banua memanfaatkan internet u.meningkatkan ekonomi keluarga. Serempak memfasilitasi itu dg adanya website serempak.

      Delete
  8. Jadi intinya, wanita harus melek teknologi dan menggunakan internet utk hal2 yg dpt membantu meningkatkan kualitas keluarga ya. Setuju bgt jadinya dg Serempak.id

    ReplyDelete
  9. Seru pembahasan begini, mau ikut tapi ada tulisan buat ibu-ibu gitu jadi mundir cantik aja deh. hehe

    ReplyDelete
  10. duh sayang banget nih nggak ikutan acara ini kemarin. memang sebagai ibu jaman millenial kita harus melek informasi juga ya biar nggak ketinggalan plus nggak kemakan hoax

    ReplyDelete